Jumat, 12 September 2008

Guru Ramah Pembelajaran

Guru Enak Ngajar Siswa Jadi Pintar

Dari cara mengajar di kelas, seorang guru bisa jadi idola siswa. Alasan itu muncul dari lubuk hati siswa. Bagi mereka guru yang menyenangkan adalah guru yang bisa membuat nyaman dalam belajar dan mampu menyemangati mereka. Inilah potret sederhana dalam memahami keinginan siswa agar belajar menjadi menyenangkan dan akhirnya siswa jadi pintar.
Tulisan di atas dikutip sedikit dari koran Jawapos hari ini Sabtu, 13 September 2008. Saya jadi kepikiran seandainya semua guru di Indonesia mempunyai ketrampilan mengajar yang baik dan menyenangkan untuk siswanya pastilah generasi muda menjadi calon penerus bangsa yang baik. Tidak kalah dengan negara-negara asing yang telah berkembang pesat.
Apalagi kalo ditinjau bahwa dimana saja institusi/sekolah mampu memberikan pembelajaran ramah yang benar mengakomodir kebutuhan siswanya, pastinya sosialisasi tentang apakah itu belajar ramah, lingkungan ramah, dan sekolah ramah tak akan diperlukan lagi
Tetapi sosialisasi tak akan berarti apa-apa kalo setelahnya hanya disimpan /ditumpuk/atau berdebu diatas meja semua naskah/ makalah yang telah diberikan oleh para narasumber dari Pusat Sumber SLB malang.
Yang jelas bagaimana implementasi dilapangan sangatlah diperlukan guna mewujudkan segala apa yang diperoleh supaya tidak terkesan mubazir...

Tidak ada komentar: